Sumber: Sucahyo Adi
Ada satu cerita dari Bu Siti, ibu rumah tangga yang sehari-hari cuma pakai motor buat antar jemput anak sekolah dan belanja ke warung. Motor matiknya yaitu Yamaha MNAX lebih sering nganggur di garasi daripada dipakai jalan jauh. Suatu hari, pas mau dipakai buru-buru buat belanja, motornya malah nggak mau nyala?!. Panik, Bu Siti sampai minta tolong tetangganya buat dorong motor ke bengkel.
Nah, banyak orang punya motor tapi cuma dipakai sesekali doang, entah karena mager keluar rumah atau lebih sering naik kendaraan lain seperti halnya bu Siti. Tapi tahu nggak sih kalau motor yang jarang dipakai bisa bikin performanya anjlok? Nggak percaya? Simak kenapa motor harus tetap diajak jalan biar tetap sehat!.
1. Aki Bisa Tekor dan Bikin Ribet
Aki itu ibarat nyawa buat motor, kalau nggak dipakai lama-lama bisa tekor alias soak. Motor jadi susah nyala, harus sering-sering dorong atau malah ganti aki baru. Males banget kan? Makanya, biar aki tetap awet, nyalain motor dan ajak jalan minimal seminggu sekali.
2. Oli Nggak Bisa Kerja Maksimal
Oli itu kayak pelumas buat mesin biar gesekannya mulus. Kalau motor cuma nganggur di garasi, oli bakal mengendap di bawah dan nggak merata melumasi mesin. Akibatnya, pas motor dinyalain, gesekan antar komponen jadi makin kasar dan bisa cepet aus. Nggak mau kan mesin motor jadi rewel?.
3. Bensin Bisa Basi dan Nyumbat Sistem Injeksi
Kalau motor jarang dipakai, tekanan ban bisa turun sendiri. Kalau kelamaan nggak dicek, ban bisa kempes dan bahkan bentuknya berubah alias peyang. Pas dipakai, bisa-bisa malah berasa aneh atau bahkan meledak di jalan. Ngeri banget, kan?.
4. Ban Bisa Kempes dan Pecah
Kalau motor jarang dipakai, tekanan ban bisa turun sendiri. Kalau kelamaan nggak dicek, ban bisa kempes dan bahkan bentuknya berubah alias peyang. Pas dipakai, bisa-bisa malah berasa aneh atau bahkan meledak di jalan. Ngeri banget, kan?
5. Shockbreaker Bisa Kaku dan Nggak Empuk Lagi
Shockbreaker itu yang bikin motor nyaman buat dikendarai. Tapi kalau motor cuma nganggur doang, cairan di dalam shockbreaker bisa mengendap dan bikin suspensi jadi keras. Nggak mau kan motor jadi serasa naik gerobak? Kalau udah kejadian kayak gini, cek deh harga shockbreaker NMAX atau motor lain yang sesuai buat ganti baru.
6. Karat Mengintai Diam-Diam
Motor yang jarang dipakai lebih gampang berkarat, apalagi di bagian mesin dan rantai. Debu, kelembapan, dan sisa air hujan yang nggak dibersihin bisa bikin komponen berkarat lebih cepat. Kalau udah gitu, siap-siap deh keluar duit buat ganti part yang kena karat!.
Setelah kejadian motor mogok itu, Bu Siti jadi lebih rajin nyalain motor tiap pagi, minimal sekadar keliling komplek atau mampir ke minimarket. Hasilnya? Motor nggak pernah rewel lagi, selalu siap dipakai kapan pun dibutuhkan.
So, jangan cuma jadi pajangan di garasi ya, Ibu-ibu!. Bukan cuman untuk Ibu-ibu aja ya, kalian juga. Motor itu harus tetap dipakai biar tetap sehat dan performanya terjaga. Minimal, ajak motor jalan seminggu sekali buat muterin komplek atau sekadar beli jajan. Dijamin, motor bakal lebih awet, nggak gampang rusak, dan pastinya lebih enak dipakai. Jadi, kapan terakhir kali motor kalian diajak jalan?.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar